Data Warehouse: Apakah masih relevan?

Data Warehouse
Oleh Arsi Amallah Binhaq (18214013)

Konten
  1. Apa itu data warehouse?
  2. Kegunaan data warehouse
  3. Bagaimana potensi data warehouse di masa sekarang?

Data Warehouse
Kumpulan dari komponen perangkat keras dan perangkat lunak untuk menganalisis data yang berjumlah besar sehingga mendapatkan hasil berupa keputusan yang akurat dan tepat sasaran [1]. Dalam situs amazon web services data warehouse didefinisikan sebagai repositori informasi pusat sehingga memudahkan analisis untuk mendapatkan keputusan yang baik. Arsitektur data warehouse terdiri dari tiga tingkat yakni level terendah adalah tempat penyimpanan dan pemrosesan data. Level menengah terdiri dari mesin analisis dan akses data. Level teratas adalah tampilan yang akan menyediakan hasil analisis dari level menengah [2]. 

Ilustrasi data warehouse [3]
Konsep Data Warehouse
  1. Mengelola data dalam bentuk skema yang menjelaskan layout dan tipe data seperti integer, string, dsb. 
  2. Menggunakan kueri untuk memilih data yang akan digunakan dalam analisis [2]
  3. Data-data yang disimpan berorientasi pada subjek, memiliki dimensi waktu, stabil, terintegrasi, dan lengkap. 
  4. Pusat repositori informasi untuk memberikan basis data yang mendukung pengambilan keputusan [3]. 

Kegunaan Data Warehouse
Manfaat penggunaan data warehouse diantara sebagai berikut.
  1. Memahami tren bisnis dan membuat prediksi keputusan yang lebih akurat
  2. Menganalisis informasi mengenai penjualan harian dan membuat keputusan yang cepat dalam mempengaruhi performa perusahaan/organisasi [1]. 
  3. Mudah dalam menganalisis suatu pekerjaan secara lebih lanjut [4].
  4. Mudah dalam konsolidasi data.
  5. Meningkatkan hasil pengambilan keputusan.
  6. Membedakan hasil analisis dengan basis data tradisional [2].
Apakah Data Warehouse masih relevan?
Seiring dengan berkembangnya teknologi Big Data, maka kebutuhan analisis lebih lanjut semakin tinggi. Hal ini menyebabkan sistem data warehouse tradisional sedikit terpinggirkan dengan sistem semacam Hadoop dan NoSQL platform. Perkembangan zaman menuntut adanya teknologi yang mampu mengintegrasikan dan mengelola tipe data terstruktur dan multi-struktur. Selain itu diperlukan model baru yang mendukung proses analitik lanjutan dan akses secara real-time

Akan tetapi penggunaan data warehouse masih relevan untuk mendukung aktivitas tradisional pengambilan keputusan seperti business intelligence atau ad-hoc analysis. Menurut ahli sistem informasi, data warehouse masih yang terbaik untuk memberikan wawasan analisis sehingga memudahkan produksi [5]. 

Kuliah ini cukup menarik untuk diikuti lebih lanjut karena akan terus membahas mengenai tren-tren teknologi terkini, khususnya berkenaan dengan data dan kecerdasan buatan. Di kampus kami banyak penelitian yang mendukung adanya perkembangan tren teknologi terkini melalui laboratorium khusus tiap bidang ilmu. 

REFERENSI
[1] M9 - Sistem Manajemen Basis Data, Data Warehouse, URL: dewiar.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/530/M9+-+DBMS.pdf.
[2] Amazon Web Services, Data Warehouse Concepts, URL: https://aws.amazon.com/data-warehouse/. 
[3] Rifzan, 2017, Pengertian Data Warehouse, URL: https://robicomp.com/pengertian-data-warehouse-serta-penjelasannya.html.
[4] Jensen, C.S., Pedersen, T.B., & Thomsen, C., Introduction to Data Warehousing and Business Intelligence: Aalborg University.
[5] Swoyer, S., 2017, It's the End of the Data Warehouse as We Know It, URL: https://tdwi.org/articles/2017/01/11/end-of-the-data-warehouse-as-we-know-it.aspx.

Data Warehouse: Apakah masih relevan? Data Warehouse: Apakah masih relevan? Reviewed by Arsi on 8:18 AM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.