Data Center

Data Center
Oleh: Arsi Amallah Binhaq (18214013)

Pada tulisan ini, saya ingin membahas mengenai seluk-beluk pusat data atau yang sering dikenal data center. Dalam bahasan kali ini akan fokus mengenai gambaran umum dari pusat data mulai dari definisi, kategori, desain dan mitigasi bencana. Kami mahasiswa Sistem dan Teknologi Informasi ITB berkesempatan untuk mengunjungi salah satu pusat data yang ada di dalam kampus kami. Pada tempat tersebut yang secara umum dirahasiakan dari publik, kami dijelaskan berbagai macam kegunaan dari perangkat-perangkat yang ada di dalam pusat data tersebut. Awalnya kami ditunjukkan tempat genset yang mendukung energi dari pusat data ITB. Kemudian kami masuk ke ruang utama yang berisi rak-rak server beserta perangkat pelengkap lainnya. Desain ruangan pusat data tersebut sangat diperhatikan untuk menjaga kestabilan performa pengolahan data yang ada di kampus.

Oleh karena itu, pada tulisan kali ini saya akan membahas secara umum mengenai pusat data.
Ilustrasi data center

  1. Apa itu Pusat Data?
    Pusat Data adalah tempat bagi tenaga, penyimpanan, dan aplikasi komputasional yang dibutuhkan untuk mendukung bisnis enterprise [1]. Sebuah pusat data menjadi pusat dari arsitektur teknologi informasi yakni data apa yang akan disimpan atau lewat dalam sebuah enterprise.
  2. Apa saja perangkat yang menyusun Pusat Data?
    Perangkat yang menyusun Pusat Data diantaranya sebagai berikut.
    a. Server
    Digunakan sebagai pengelompokkan server. Perangkat ini memiliki fasilitas load balancing dan pengelolaan failover sehingga mendukung konvergensi sebuah pusat data. Baiknya menggunakan teknologi Blade Server mendukung skalabilitas sebuah pusat data dalam hal ruangan .
    b. UPS
    Digunakan sebagai penstabil dan pencadangan listrik saat keadaan darurat. Sebaiknya menggunakan teknologi FlyWheel UPS yang menggunakan sistem kinetik untuk menyimpan cadangan listrik pada sebuah rotor.
    c. Ethernet Switch
    Switch ethernet digunakan untuk lalu lintas data di server. Oleh karena itu perlu memperhatikan kecepatan yang digunakan dalam switch tersbeut. Dengan kecepatan transfer data minimal 100Gb tentunya aplikasi sistem enterprise dapat lebih lancar digunakan.
    d. Access Point Wireless
    Access Point Wireless pada zaman ini sangat krusial karena menghemat banyak sumber daya lain khususnya terkait komunikasi data. Acess Point juga diperlukan untuk monitoring server dalam ruangan data center perusahaan, agar dapat mengurangi jumlah orang yang keluar masuk ke ruangan data center sehingga keamanan data center secara fisik dan konfigurasi fisik dapat lebih terjaga.
    e. Storage
    Storage adalah perangkat yang digunakan untuk menyimpan data dan melakukan pengelolaan terhadap suatu data. Hal ini akan maksimal apabila menggunakan Solid State Drive  yang mampu melakukan transfer data 1 GB/detik sehingga aktivitas komunikasi data lebih cepat.
    f. Virtual Tape Libraries
    Virtual Tape Libraries adalah sistem penyimpanan fisik berbasis virtual untuk memudahkan pengelolaan hardisk pada server seperti untuk keperluan backup dan restore yang lebih cepat. 
    g. Network Attached Storage
    Perangkat ini digunakan pekerjaan internal di data center sehingga VTL dan Storage dapat dioptimalkan untuk melayani aplikasi utama [2].
  3. Apa manfaat dan kegunaan Pusat Data?
    Manfaat dan Kegunaan Pusat Data diantaranya sebagai berikut.
    a. Menyimpan data
    b. Mengelola data
    c. Distribusi data [3]
    d. Memaksimalkan sumber daya dengan efisien [4].
  4. Bagaimana mendesain Pusat Data yang baik dan aman?
    Hal yang harus dipertimbangkan dalam mendesain sebuah pusat data diantaranya performansi, resiliensi, dan skalabilitas. Selain itu perlu dipertimbangkan fleksibilitas dalam membangun arsitektur pusat data [1]. Berikut ini desain yang sudah terverifikasi dari ahli.   
    Desain dasar Pusat Data [1]
    Layar Dasar: Menyediakan paket dengan kecepatan tinggi untuk semua flow yang masuk atau keluar dari data center. Pada layer ini menyediakan konektivitas kepada banyak modul agregasi dan menyediakan resiliensi layer ketiga tanpa single point of failure.
    Layar Agregrasi: Menyediakan fungsi penting seperti layanan integrasi modul, pendefinisian domain pada layer kedua, memaparkan proses tree, dan membuat standar gerbang bagi redundansi.
    Layar Akses: Tempat server fisik dihubungkan dengan jaringan. Pada akses ini terdapat Server, switches, dan perangkat pendukung lainnya [1].

    Hendaknya desain pusat data di masa depan dapat mengurangi potensi pemanasan global dengan memperhatikan peralatan dan sistem yang ada dengan pendekatan lingkungan. Dan perlu diperhatikan bahwa ada standar yang digunakan dalam membangun sebuah data center seperti yang ada dalam situs kansas university dapat dirujuk ke https://policy.ku.edu/IT/data-center-standards.
  5. Bagaimana cara mitigasi bencana di Pusat Data?
    Ada 4 tahap yang perlu dilakukan berdasarkan Perencanaan Risiko pada Data Center Juniper.
    a. Information Review
    Pada tahap ini perlu dilakukan tiga aktivitas yakni: mengetahui tujuan bisnis dan teknikal, mengetahui arsitekur pusat data sebelumnya, serta mengetahui rencana migrasi sebelumnya.
    b. Plan for Migration Execution
    Pada tahap kedua maka diperlukan aktivitas perencanaan persiapan migrasi, persiapan fase eksekusi, peralatan, proses, otomasi, rollback, serta escaltion.
    c. Risk Mitigation
    Di tahap ini risiko mulai dimitigasi dengan mengidentifikasi risiko, menghindari risiko, dan mengontrol risiko.
    d. Present Migration and Risk Mitigation Plan
    Pada tahap terakhir ini dilakukan pelatihan, terbentuk proses migrasi, rencana migrasi, dan langkah selanjutnya [5]. 
REFERENSI
[1] Cisco, 2011, Cisco Data Center Infrastructure 2.5 Design Guide: Chapter 1, Cisco System, Inc.
[2] Teknologi Data Center, 2016, 10 Perangkat Wajib Ada di Data Center Perusahaan Anda, URL: https://mobnasesemka.com/perangkat-data-center-perusahaan/
[3] Hossain, J, Md., 2011, Data Center Design & Virtualization, Malaysia Network Operator Group. Available at: https://www.mynog.org/wp-content/uploads/2012/01/DataCenter-Design-VirtualizationF-MyNOG-2.pdf
[4] Porter, G., 2015, Data Center Fundamentals: The Datacenter as a Computer, CSE 124.
[5] Juniper, 2013, Data Center Migration and Risk Mitigation Assessment, URL: https://www.juniper.net/assets/fr/fr/local/pdf/datasheets/1000484-en.pdf
Data Center Data Center Reviewed by Arsi on 10:38 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.