10 Top Trends Digital Transformation


Pada artikel kali ini saya coba membahas mengenai 10 tren transformasi digital di tahun 2019 merujuk gambar di bawah ini. 
Gambar 1. 10 Tren Transformasi Digital [1]



  1. Teknologi 5G
    Seiring berjalannnya waktu, maka penggunaan data seluler semakin bertambah dan memerlukan waktu yang cepat tanpa ada buffering. Hal ini mendorong percepatan implementasi teknologi 5G yang diprediksi akan mulai diuji coba pada tahun 2019 dan segera diproduksi massal pada tahun 2020.
    Gambar 2. Potensi 5G [2]
  2. Chatbot
    Penggunaan chatbot memerlukan deep learning dan natural language processing  yang baik, sehingga perkembangan yang ada menunjukkan bahwa semakin banyak perusahaan yang berlomba-lomba berinovasi dalam membangun chatbot terbaik dalam rangka mengurangi ketidakefisiensinya penggunaan customer service berbasis manusia. Diprediksi pada 40% bisnis berskala besar akan menggunakan chatbot pada tahun 2019.
    Gambar 3. Sistem Chatbot [2].
  3. Connected Clouds
    Penggunaan sistem penyimpanan awan semakin berkembang seiring kebutuhan bisnis, maka terkadang tidak mungkin suatu proses IT dikembangkan pada penyimpanan awan yang bersifat publik saja, atau privat saja, atau yang lainnya. Maka perlu adanya kolaborasi antar penyimpanan awan dalam rangka memenuhi kebutuhan pembangunan sebuah sistem yang lebih dinamis dan optimal. 
    Gambar 4. Connected Clouds [2].
  4. Blockchain
    Teknologi ini semakin berkembang dengan diawali penggunaan pada sistem mata uang elektronik yang sering dikenal dengan bitcoin. Setelah itu banyak aplikasi blockchain dalam berbagai industri khususnya sebagai metode pengamanan data yang lebih optimal dan aman. Industri yang paling memanfaatkan teknologi ini adalah industri keuangan karena melihat pasar dan aplikasi blockchain yang mampu menarik banyak pihak untuk mempercayai transaksi di dalamnya. 
    Gambar 5. Cara kerja blockchain [2]. 
  5. Data to Analytics to ML to AI
    Data pada zaman sekarang menjadi sangat bernilai bagi sebuah perusahaan hal ini tidak terlepas dari pengolahan data yang maksimal. Maka seiring dengan kebutuhan akurasi data perlu adanya teknologi pendukung seperti machine learning dan artificial intelligence dalam rangka meningkatkan akurasi dan mengurangi tingkat kekeliruan dari sistem. 
  6. General Data Protection Regulation (GDPR)
    Kebijakan yang harus dibuat seiring semakin membengkaknya volume data dan penggunaannya. Maka perlu diberikan perhatian khusus terkait pengamanan data pengguna agar tidak disalahgunakan. 
  7. AR yes, VR (still) no
    Penggunaan augmented reality lebih diminati karena dapat diterapkan pada pasar-pasar industri game dibandingkan dengan virtual reality
    Gambar 6. Perbedaan VR dan AR [2].
  8. Edge to Core, IoT Much More
    Semakin berkembangnya penggunaan IoT dan jumlah penggunaan perangkat terkoneksi juga meningkat, maka perlu adanya ruang tambahan yang mampu memproses data baik dari pengambilan maupun pengolahannya. Oleh karena itu pada 2019, kita akan membutuhkan teknologi edge computing yang lebih optimal. 
    Gambar 7. IoT and edge computing [2].
  9. Consumption IT For The Win
    Penggunaan IT sebagai industri layanan mendorong perusahaan untuk memilih layanan sesuai dengan tujuannya. Hal ini semisal dengan a la carte services yang semuanya akan dimanfaatkan dalam rangka memenuhi kebutuhan masing-masing perusahaan. 
  10. CEO's Take the reigns
    Pada 2019 CEO akan memprioritaskan penggunaan IT dalam proses bisnis mereka, tidak lagi menyerahkan tugas ini kepada divisi IT dan semisal. Karena IT makin lama akan menjadi core bisnis suatu perusahaan. 
Daftar Referensi
[1] Newman, Daniel., Top 10 Digital Transformation Trends For 2019, URL: https://www.forbes.com/sites/danielnewman/2018/09/11/top-10-digital-transformation-trends-for-2019/, diakses pada: 10 Desember 2018. 
[2] Arman, Arry A., 2018, Digital Transformation International Conference on Information Technology System and Innovation 2018. 
10 Top Trends Digital Transformation 10 Top Trends Digital Transformation Reviewed by Arsi on 7:56 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.