Ide IMK: Scanner E-KTP sebagai Solusi Penyampaian Bantuan Pemerintah Kepada Masyarakat

Pada kesempatan kali ini saya akan posting mengenai ide proyek IMKA akhir kami. Untuk lebih jelasnya kami akan menjelaskan secara global mengenai latar belakang dan konsep solusi.

Latar Belakang

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang di Asia Tenggara. Berdasarkan survey yang dilakukan oleh BPS pada tahun 2015 indeks pembangunan manusia di Indonesia berkisar pada 69.55 dan menempatkan Indonesia pada peringkat 110 dari 188 negara dalam peringkat indeks pembangunan manusia. Hal tersebut merepresentasikan bahwa di Indonesia masih terdapat berbagai permasalahn dalam pembangunan manusia. Kita tahu bahwa angka kemiskinan di Indonesia juga tidak dapat dibilang sedikit. Berdasarkan world bank, sejumlah 68 juta orang di Indonesia rentan terhadap kemiskinan.

Pemerintah Indonesia berupaya memberikan beberapa solusi yang ditawarkan untuk mengatasi masalah yang disebutkan di atas. Program yang ditawarkan seperti Kartu Indonesia Sehat (KIS), BPJS Kesehatan, BIDIKMISI, Bantuan Langsung Tunai, Kartu Pintar, dan lain-lain. Dari semua program yang dicanangkan pemerintah kebanyakan memiliki masalah yakni banyaknya kejadian yang tidak diinginkan seperti berdesak-desakan saat antri mengambil jatah, kesalahan pemberian jatah, dan penyalahgunaan bantuan.


Konsep Solusi


E-KTP merupakan program pemerintah yang ditujukan untuk digitalisasi data kependudukan. Namun sampai saat ini, E-KTP hanya digunakan sebagai identitas saja dan rawan terjadi penyelewengan oleh pihak-pihak tertentu. Padahal dengan teknologi mutakhir yang terdapat pada E-KTP, kita dapat memanfaatkannya di berbagai bidang. Berikut ini beberapa manfaat E-KTP yang diharapkan.
1. Identitas jati diri tunggal
2. Tidak dapat dipalsukan
3. Tidak dapat digandakan
4. Dapat dipakai sebagai kartu suara dalam pemilu atau pilkada
5. Dapat dimanfaatkan sebagai kartu pembayaran/penyerahan bantuan
Melihat adanya peluang pemanfaatan E-KTP dan muncul permasalahan yang ada, kami mencoba untuk memberikan solusi berupa pemanfaatan E-KTP untuk menyelesaikan permasalahan penyampaian bantuan pemerintah kepada masyarakat.
Konsep yang kami tawarkan adalah memanfaatkan Arduino UNO dan reader E-KTP sebagai komponen hardware utama. Sistem ini akan terhubung dengan Cloud sebagai penyimpanan database E-KTP. Nantinya pemerintah yang akan memberikan bantuan kepada masyarakat dapat melakukan “top-up” saldo yang ada pada E-KTP masyarakat. Masyarakat harus di data sebaik mungkin agar tidak terjadi kesalahan penyalahgunaan data. Masyarakat sebagai pengguna dapat menggunakan hal tersebut untuk ditukarkan menjadi sembako maupun kebutuhan primer yang lain sebagai sarana penyampaian bantuan pemerintah (jaminan kesehatan, jaminan pendidikan, dan lain-lain).
Dengan adanya solusi yang ditawarkan, kami berharap mampu mengatasi masalah yang terdapat di masyarakat.
Diagram Solusi Konsep 


Kelompok:
Arsi Amallah Binhaq
Santo Wijaya
Dzaky El Fikri

Sumber:
webbsant,wordpress.com
http://analisiskebijakane-ktp.blogspot.co.id/

Ide IMK: Scanner E-KTP sebagai Solusi Penyampaian Bantuan Pemerintah Kepada Masyarakat Ide IMK: Scanner E-KTP sebagai Solusi Penyampaian Bantuan Pemerintah Kepada Masyarakat Reviewed by Arsi on 6:03 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.